Bupati Barru Tandatangani MoU Dengan PT PLN UP3 Parepare

Advertorial

BARRU, lenterasulawesi.com – Berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan, Lantai 5 Menara Mall Pelayanan Publik (MPP) Kantor Bupati Barru, Kota Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (1/2/2024), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT.PLN Persero UP3 Parepare.

Penandatanganan Naskah Kerja Sama Daerah tentang Penyediaan Layanan Ketenagalistrikan dan Penyelenggaraan Pajak dan Jasa tertentu atas tenaga listri ditandatangani Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si bersama Kepala PT. PLN Persero UP3 Parepare, Roberth Rumsaur.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M. Si tandatangani MoU Dengan PT PLN UP3 Parepare

 

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si katakan, naskah kerja sama daerah yang ditandatangani hati ini tentunya mmemberi harapan khususnya bagi Pemkab Barru  dan secara umum bagi masyarakat kab Barru, sebagai bentuk upaya bersama mengakselerasi pelaksanaan program kerja pemerintah, khususnya dalam hal pembangunan daerah dan pelayanan publik.

Bupati Barru ini juga menegaskan, setidaknya ada tiga poin penting yang tertuang dalam naskah kerjasama ini diantaranya, Penyelenggaraan pelayanan kelistrikan dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) . Yang kedua katanya, penyediaan layanan kelistrikan dalam rangka mempercepat penghapusan kemiskiman ekstrem dan kemiskinan di Kab Barru dan yang ketiga,  pemungutan dan penyetoran pajak barang dan jasa  tertentu atas tenaga listrik pemda Barru.

Selajutnya, diuraikan Bupati, keberadaan MPP diharapkan memberi akses kemudahan  memperoleh pelayanan administrasi dan perizinan. Tentunya lanjut Bupati,  Partisifasi PT. PLN Persero UP3 Parepare dalam aktifitas layanan ketenagalistrikan  semakin meningkatkan  kemudahan pelayanan kepada masyarakat. “Nantinya dalam gerai di MPP ini, PLN akan melayani kebutuhan pelanggan mulai layanan penyambungan baru, layanan perubahan daya dan penyambungan sementara,”  jelasnya.

Terkait  penandatangan kerjasama ini,  Pemkab Barru melalui Bappelitbangda  kerjasama dengan USAID ERAT mendorong kolaborasi dengan non pemerintah dan stakeholder lainnya,  salah satunya dengan PLN UP3 Parepare berkomitmen  untuk melakukan upaya penanggulangan kemiskinan melalui intervensi pengurangan beban dengan memberikan penyediaan layanan sambungan gratis bagi masyarakat miskin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Barru dua periode itu mengatakan,  sebagai upaya meningkatkan PAD berdasarkan  PP No. 4/2023 tentang Pemungutan Pajak Barang  dan Jasa  tertentu atas  tenaga kelistrikan dilakukan dalam rangka menggali dan menghimpun sumber- sumber PAD.

Sebagai wujud hal tersebut, Pemda bersama PT PLN dalam kerjasama ini selain bertujuan meningkatkan PAD, juga meningkatkan kelancaran pelunasan rekening listrik Pemda. Terlaksananya pengawasan dan penertiban Penerangan Jalan Umum (PJU)  tidak resmi,  dan meningkatkan efesiensi pembayaran  rekening kistrik Pemda melalui meterilisasi PJU serta tervalidasinya kebenaran data dan dokumen penerimaan PBJT atas tenaga listrik melalui sistem Web Service yang dikelola  oleh PLN.  “Ini merupakan wujud dari hadirnya negara yang berkeadilan dalam memberi akses listrik bagi seluruh masyarakat”, tandas Bupati.

Sebelumnya, Kepala PT. PLN Persero UP3 Parepare, Roberth Rumsaut menyampaikan, kesepakatan bersama ini merupakan landasan para pihak dalam melaksanakan kerjasama penyediaan layanan kelistrikan di Kab Barru.

Roberth katakan, perjanjian kerjasama ini juga sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemungutan dan penyetoran pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik Pemerintah Daerah Barru. “Melalui kerjasama ini juga menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli daerah dan menjamin validasi keberadaan, kebenaran data dan dokumen penerimaan pajak barang dan jasa tertentu atas tenaga listrik melalui sistem web service,” ujarnya.

Dalam acara ini, turut hadir, Asisten Manajer Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Parepare,  Andi Soraya Tenri Bau, Manager PLN ULP Barru Yandri Timbang, Provicial Goverment Advisor USAID Erat Sulsel H.Sarwansa Sahabuddin, DF USAID Erat Ibu Mega, Team Leader Pemasaran dan Pelayanan Pelanggang Ibu Nurhidayah, Para Asisten Setda  Barru, Kepala Bappelitbangda Barru, Kepala Dinas PTSP, Sekretaris dan Kabid Perencanaan  Bapenda Barru.

(Hms/Mahmud R/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *