Penanaman Pohon Secara Serentak di Sulbar dan Penyerahan Petikan SK Menteri LHK  Tentang Penetapan Green Ambassador

Dinamika

MAMASA, lenterasulawesi.com – Berlansung di Kelurahan Lakahang, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (30/12/2023))  telah dilaksanakan  yang bertemakan penanaman pohon secara serentak seluruh Indonesia. Kegiatan ini dalam rangka bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan UPT KLHK di Provinsi Sulawesi Barat melakukan penanaman pohon serentak pada hari. Ini juga bertepatan dengan masuknya musim penghujan sehingga bibit pohon diharapkan dapat tumbuh dengan baik.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Riset Lingkungan, Dr. Henry Bastaman, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Karama dan seluruh pegawai, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat, Pusat Pengendali Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku, KPH Mamasa Barat, Green Leadership Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Green Ambassador Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2023, serta masayarakat Kelurahan Lakahang.

Penyerahan Petikan SK Menteri LHK  Tentang Penetapan Green Ambassador      (fbBPDAS Karama)

 

Lokasi kegiatan penanaman ini merupakan lokasi kegiatan Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam (UPSA) yang dilaksanakan oleh BPDAS Karama di Tahun 2023 yang dikerjasamakan dengan Kelompok Tani Bauluande dengan Luas lokasi penanaman yaitu 10 Hektar. Bibit pohon yang ditanam Manggis (100 batang), Alpukat (50 batang) dengan jumlah total bibit sebanyak 150 batang yang berasal dari Persemaian BPDAS Karama.

Kepala BPDAS Karama Marthen Baturante, S.Hut., M.Si, selaku Korwil UPT KLHK di Provinsi Sulbar sampaikan laporan pelaksanaan kegiatan penanaman pohon serentak. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Petikan SK Green Ambassador oleh Bapak Tenaga Ahli Menteri LHK Bapak Dr. Henry Bastaman kepada perwakilan simpul belajar Provinsi Sulbar dan sekaligus sampaikan arahan Menteri LHK tentang penanaman serentak di seluruh Indonesia.

Dr. Henry Bastaman membacakan arahan bersama Menteri LHK dimana Menteri LHK sendiri memimpin pelaksanaan penanaman pohon serentak ini di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Dalam arahannya, keberadaan pohon dan tutupan lahan yang baik akan meningkatkan daya dukung alam dalam mitigasi perubahan iklim, ketahanan pangan, energi dan kesejahteraan seluruh makhluk hidup. KLHK melalui penanaman pohon serentak ini mengajak semua pihak dan masyarakat luas untuk terus menanam dan memelihara pohon serta meningkatkan tutupan lahan sebagai bagian dari komitmen untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya melalui Indonesia’s FoLU Net Sink 2030.

(fbBPDAS Karama/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *